Dinas Kebudayaan Gelar Lomba Pidato Bela Negara


09 November 2017 09:03:40 WIB

Padang, Dalam rangka peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Dinas Kebudayaan mengadakan kegiatan Lomba Pidato Bela Negara tingkat SLTA se-Sumatera Barat baru-baru ini. Kegiatan ini diikuti oleh 3 orang perwakilan terbaik dari 19 Kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada sebuah hotel di Padang tanggal 18-20 Agustus 2017.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Taufik Effendi, S.Pd, MM, mengatakan bahwa pelaksanaan lomba pidato ini sengaja dilaksanakan pada bulan Agustus guna membangkitkan semangat generasi muda, khususnya siswa/i SLTA di Sumatera Barat, untuk lebih mencintai tanah air dan bangsa. Lomba Pidato Bela Negara ini dilaksanakan selama tiga hari dan dinilai oleh tiga orang juri yang berpengalaman dibidangnya. Lomba pidato ini bertemakan  “Siap Belanegara Melalui Revolusi Mental dengan Mengedepankan Nilai-Nilai Keminangkabauan”.  Dengan kegiatan ini diharapkan generasi muda sebagai generasi penerus bangsa memiliki semangat dalam membela bangsa dan tanah air Indonesia tanpa melupakan budaya daerahnya masing-masing, khususnya Minangkabau,” ungkap Taufik.

Sementara itu kepala bidang Jaranitra Drs. Januarisdi, MLIS mengatakan bahwa, generasi muda sebagai harapan bangsa sebaiknya meniru semangat juang para tokoh perjuangan bangsa dalam meraih kemerdekaan. Tokoh perjuangan bangsa Indonesia telah mengorbankan jiwa, raga dan harta dalam upaya membela negara dan tanah air Indonesia. “Semangat cinta tanah air dan bela negara merupakan hak semua warga negara, oleh karena itu sudah sepantasnya generasi muda di era kemerdekaan ini melanjutkan perjuangan tokoh-tokoh bangsa untuk Indonesia yang lebih maju,” tegasnya.

Lomba Pidato Bela Negara ini diikuti oleh 53 orang peserta dari seluruh kabpaten/kota  di Sumatera Barat. Setelah lomba dilaksanakan terpilihlah 10 orang peserta terbaik dan 3 orang juara sebagai pemenang. Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini diberikan sertifikat, dan bagi pemenang dan peserta terbaik diberikan piagam penghargaan dan hadiah. (mrb)