Pameran Budaya Suku Mentawai


09 November 2017 09:03:08 WIB

Padang, Museum Adityawarman menggelar Pameran Budaya Suku Mentawai, pameran itu dibuka oleh Sekda Provinsi Sumatera Barat Ali Asmar, Rabu (16/8). Pameran tersebut dibuka untuk umum sampai bulan Februari  2018 bersamaan dengan penutupan Hari Pers Nasional yang berpusat di Sumatera Barat.

Disela-sela pembukaan, Ali Asmar mengatakan bahwa, pameran ini digelar untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang budaya Suku Mentawai yang terkenal unik dan menjadi destinasi yang menarik bagi banyak wisatawan mancanegara.

Kuatnya kepercayaan terhadap roh atau arwah leluhur sampai saat ini sangat kental dan mempengaruhi seluruh budaya dan pola kehidupan masyarakat. “Kehidupan Mentawai selalu menarik perhatian karena keunikannya, sehingga pameran ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk menambah wawasan,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala UPT Museum Adityawarman, Adi Saputra mengatakan bahwa, pada pameran ini dipajang 150 koleksi kebudayaan Suku Mentawai untuk memperkenalkan  warisan budaya daerah kepulauan itu kepada kalayak ramai.“Ada 90 perangkat yang biasa digunakan masyarakat Mentawai sehari-hari seperti alat menangkap ikan, bertani, dan juga untuk ritual bisa disaksikan pada pameran kali ini,” jelasnya.

Koleksi lain yang dipamerkan adalah foto-foto tato, orang Mentawai menangkap ikan, alat masak tradisional, foto Sikerei (Dukun Tradisional) dan upacara-upacara adat Suku Mentawai.

Sekolah-sekolah yang ada di Sumbar dihimbau untuk  datang ke Museum Adityawarman untuk menyaksikan pameran budaya Suku Mentawai ini. “Pameran ini diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan kepada masyarakat terutama para pelajar,” tutupnya.(mrb)