Penguatan Eksplorasi Budaya: Rapat Koordinasi Galanggang Arang 2024 di Hotel Santika Premiere, Padang


06 Februari 2024 12:16:28 WIB

Pada Selasa, 06 Februari 2024, Hotel Santika Premiere Padang menjadi saksi bagi penyelenggaraan Rapat Koordinasi Galanggang Arang 2024 yang dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Dr. H. Jefrinal Arifin, SH. M.Si., dan Kepala Bidang Warisan Budaya dan Permuseuman (WBP), Aprimas, S.Pd., M.Pd. Acara ini juga mempertemukan berbagai pihak terkait, seperti Direktur Penyelamatan dan Pemanfaatan Budaya Dirjen, Kebudyaan, perwakilan OPD Provinsi, dan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten/Kota.

Galanggang Arang 2024 menjadi ajang lanjutan untuk memperkuat ekosistem kebudayaan melalui penggalian nilai dan pengetahuan di sepanjang kawasan Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS). Kegiatan ini melibatkan serangkaian agenda, mulai dari penguatan kapasitas, perancangan model tata kelola, distribusi pengetahuan, penciptaan karya baru, pameran, pergelaran, pengembangan ruang publik, hingga perluasan jaringan.

Dengan capaian pelaksanaan yang ditargetkan, termasuk Peta Ekosistem, Pola Kebijakan, Dokumen, Platform, Karya Baru, Skema partisipasi, dan model Tata Kelola, Galanggang Arang 2024 diharapkan dapat meningkatkan kesadaran untuk merawat objek dan nilai WTBOS sebagai Warisan Dunia. Pihak yang terlibat, mulai dari pemerintah daerah, perusahaan, perguruan tinggi, hingga masyarakat internasional, turut berkontribusi dalam menciptakan suksesnya kegiatan ini.

Rangkaian kegiatan Galanggang Arang 2024 tidak hanya sekadar agenda lokal, namun juga menjadi langkah penting dalam upaya pembangunan sistem pengelolaan yang berkelanjutan terhadap warisan dunia. Melalui kolaborasi lintas sektor dan partisipasi aktif dari berbagai elemen masyarakat, Galanggang Arang 2024 memberikan gambaran nyata tentang komitmen bersama untuk menjaga dan memajukan kekayaan budaya Indonesia.