Penutupan Festival Warisan Budaya Takbenda (WBTb) / Intangible Cultural Heritage Festival (ICH-Fest) Tahun 2023


20 Oktober 2023 10:12:27 WIB

Festival Warisan Budaya Takbenda (FWBTb) atau Intangible Cultural Heritage Festival (ICH Fest) dengan tema "The Voice Within (Suara Dalam Diri)" telah sukses dilaksanakan selama sepekan (6 hari).

Penutupan resmi festival ini dilakukan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat pada Selasa, 12 Oktober 2023, di Agamjua Art & Cafe kota Payakumbuh. Acara penutupan dimeriahkan dengan serangkaian atraksi seni dan budaya, termasuk penampilan dari berbagai daerah dan negara yang telah mendapat pengakuan warisan budaya takbenda dari UNESCO.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, H. Syaifullah, S.Pd., MM, mewakili Gubernur Provinsi Sumatera Barat, menutup festival dengan memberikan cendramata kepada para delegasi dari berbagai negara dan pihak yang telah berkontribusi pada kesuksesan acara tersebut.

Dalam sambutannya, beliau menyatakan, "Ini adalah kebanggaan kita untuk identitas kita, diplomasi budaya kita. Dengan ini kita bisa mengenalkan diri kita kepada masyarakat luar. Dengan budaya ini bisa menembus batas-batas geografis. Batas-batas yang mungkin kita banyak perbedaan. Ikut terlibat dari awal hingga akhir. Penghargaan kami berikan dengan tulus walaupun kegiatan akan berakhir, silaturahmi kita tidak boleh terputus. Dengan kegiatan ini, mari kita bangun silaturahim, kita jalin persahabatan antar provinsi, antar negara, sehingga kita bisa bersatu di dalam kebinekaan, inshaAllah. Aamiin aamiin ya rabbal'alamin."

Beliau juga menekankan pentingnya menjaga dan mengembangkan deposit tambang budaya takbenda, yang tidak akan pernah habis. Semakin kita menggali, semakin terbaharui, dengan harapan bahwa aktivitas budaya terus terintegrasi dengan kebijakan dan kegiatan di masa depan.