Pembukaan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) 2023


03 Oktober 2023 14:06:20 WIB

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat ke-78 tanggal 1 Oktober 2023, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat menggelar Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 2 s.d. 6 Oktober 2023 di Gedung Kebudayaan, jl. Diponegoro No. 31 Padang.

PKD Sumatera Barat tahun 2023 dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat (H. Syaifullah, S.Pd., MM) dengan mengangkat tema “Rona Budaya” yang bertujuan untuk  menggambarkan perkembangan kultural, terutama keragaman seni budaya tradisi, sekaligus bertujuan untuk memperlihatkan capaian kreativitas dalam pengembangan budaya lokal, seperti dalam industri kreatif (ekonomi kreatif), seni pertunjukan dan literasi.

Selain itu untuk mengekspresikan aneka corak, ragam, dan warna tradisi budaya yang hidup di Sumatera Barat, beserta bermacam pengembangan kreativitas yang beradaptasi dengan perkembangan zaman. Acara festival budaya ini memberi ruang untuk pertukaran gagasan, kerja kolaborasi, komunikasi antargenre, dan peluang-peluang kerja sama yang saling menguatkan demi terciptanya ekosistem yang menguarkan rasa nyaman.

Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Sumatera Barat tahun 2023, “Rona Budaya” meski di tengah suhu ekonomi bangsa yang kurang sehat, tetap diupayakan memberi ruang silaturahmi dan apresiasi bagi masyarakat dan pelaku seni budaya untuk menjalin komunikasi kreatif berkenaan dengan produk dan atraksi budaya yang relevan dengan nilai-nilai kehidupan. Memberi fasilitas kepada pelaku seni kreatif untuk mengembangkan potensi entrepreneursship di bidang kebudayaan yang sekaligus  meningkatkan akses kepada masyarakat untuk memanfaatkan ekonomi kreatif di Sumatera Barat.

Ada sejumlah pelaku seni budaya yang berpartisipasi tampil pada PKD Sumbar tahun ini, yang mengusul pertunjukan seni tradisi, kreasi, maupun modern/ kontemporer, yakni: Sibat Dance Theatre, Sendi Orysal, sanggar seni DKI Jakarta, Aditya Warman, Sanggar Uma Jaraik Sikerei Mentawai, Darak Badarak, Sanggar Siriah Pulang ka Pitunggua, Sanggar Sagatok Siriah, Sanggar Tari Bundo Kanduang, Sanggar Seni Sarantak Sadaram, Sanggar Anak Indonesia (Ai), Sanggar Seni Sumbar, Sanggar Nagari Batu Bajanjang, KPJ Sakato, Sanggar Seni Sumarak Anjuang Nan Tinggi, Filhamzah Dance, Sanggar Rimbo Api-Api, Komunitas Salingka Art, Sanggar Seni SMP 17 Padang, Sanggar Alang Babega, Sanggar Gentar Alam, Sanggar Pituah Bundo, Komunitas Luak Nan Bungsu, Sanggar Seni Abai Sakato, dan Lab Art Project.