Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa) 2023


11 September 2023 10:02:02 WIB

Selain menjadi kota tambang yang telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia, kota sawahlunto juga merupakan pusat kerajinan Songket Silungkang yang telah meraih citra nasional.

Sabtu, 09 September 2023 tepatnya berlokasi di lapangan segitiga sawahlunto diselenggarakanlah event Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa) Tahun 2023 dengan tujuan selain untuk mempromosikan keindahan Songket Silungkang, event ini juga diinisiasikan untuk mengenal Songket Silungkang sebagai warisan budaya berharga dari daerah Sawahlunto ke tingkat nasional dan global.

Event dibuka oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi (Raden Kurleni Ukar) dan dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Bupati Kuantan Singingi, Bupati/Walikota se-Sumatera Barat, Walikota Sawahlunto, Forkopimda Kota Sawahlunto, Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat beserta OPD Kab/Kota Lingkup Pemerintah Daerah Kota Sawahlunto / membidangi.

"Ke depannya, kita berambisi agar Songket Silungkang bisa semakin dikenal di kancah internasional." ujar Raden Kurleni Ukar.