Sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia (WBTbI) tahun 2023


31 Agustus 2023 07:30:21 WIB

Pada Sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia (WBTbI) tahun 2023, Jakarta, 30 Agustus 2023 dihadapan Tim Ahli Warisan Budaya Takbenda Indonesia. Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat beserta Dinas yang membidangi urusan kebudayaan turut menghadiri bersama para Maestro dari masing² karya budaya yag dipresentasikan.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat  (Syaifullah, S.Pd.MM). Dikutip dalam penyampaian kata sambutan dari Kadis Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat bahwa terdapat 24 Usulan WBTb dari Provinsi Sumatera Barat, dan 21 Usulan berhasil dilanjutkan pada Sidang Penetapan WBTbI thn 2023 dengan 3 usulan ditangguhkan untuk pengusulan tahun depan.

Dari 19 Kab/Kota di Sumatera Barat yang terdiri dari 17 Kab/Kota Pengusul dan 11 Kab/Kota yang dilanjutkan ke Sidang penetapan WBTbI dihadiri oleh 8 kabupaten yang ada diprovinsi Sumatera Barat. Hal ini sebagai pertanda kepedulian dan kecintaan kepada kebudayaan, yang diiringi dengan komitmen yang kuat untuk melakukan pelindungan dan pelestarian Kebudayaan sekaligus sebagai penggerak untuk Pemajuan Kebudayaan kedepannya.