SEMARAK KEMERDEKAAN HUT RI-78 : MERAH PUTIH LIGHT CARNIVAL 2023


19 Agustus 2023 14:17:57 WIB

Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-78 tahun sekaligus membakar semangat nasionalisme di masyarakat, Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat ikut serta memeriahkan melalui rangkaian acara yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat salah satunya penampilan Merah Putih Light Carnival berupa pawai alegoris kuda bendi (delman) dan mobil odong-odong yang dihiasi dengan atribut kebudayaan pada Jum'at (18/08/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pegawai dan staf Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat dengan dikoordinir oleh Kepala Bidang Sejarah Adat dan Nilai Tradisi. Selain itu, Pawai Carnival ini juga diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumbar, BUMN, BUMD dan instansi terkait lainnya sebagai peserta. 

Fertival dibuka dengan penampilan Tari Pasambahan , Darak Badarak, dilanjutkan dengan sambutan dari Gubernur Provinsi Sumatera Barat. Sebagaimana disampaikan oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat, pawai Merah Putih Light Carnaval ini memiliki tujuan selain sebagai wujud wadah ekspresi creativitas masyarakat tetapi juga merupakan wujud pemerintah untuk memajukan sektor budaya dan wisata di Provinsi  Sumatera Barat.

Pawai dilaksanakan dengan titik lokasi kumpul di Jl. Jendral Sudirman (Depan Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Barat) sebagai tempat ceremonial pawai dan dimulai dari GOR H Agus Salim Kota Padang hingga titik terakhir rute di depan LPP RRI Padang. Masyarakat juga ikut memeriahkan kegiatan pawai carnival dengan semangat dan antusias.