Pembukaan Pameran Nasional “Senjata Tradisional Nusantara” Tahun 2023


02 Agustus 2023 16:51:40 WIB

Dalam rangka menyemarakkan kegiatan Pameran Nasional Senjata Tradisional Nusantara dengan Tema “Dinamika Senjata; Kearifan Lokal Sebagai Perisai Jati Diri Bangsa” Tahun 2023, Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat dan UPTD Museum Adityawarman beserta Museum di seluruh Indonesia ikut menghadiri dan berpartisipasi untuk mempamerkan koleksi senjata tradisional nusantara.

Kegiatan diadakan di Palembang, Sumatera Selatan tepatnya di Museum Negeri “Balaputra Dewa” pada hari senin 24 Juli 2023 yang berlangsung hingga 44 hari ke depan dengan 287 senjata tradisional Nusantara. Pameran ini juga di adakan bergilir setiap tahunnya oleh museum - museum Nusantara. 

Tidak hanya sebagai langkah melindungi benda-benda budaya dan bersejarah, tetapi kegiatan pameran ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai senjata tradisional peninggalan leluhur dari berbagai daerah di Tanah Air. Seperti Jimat berusia lebih kurang 100 tahun yang dikoleksi sejak tahun 1973, selain digunakan sebagai alat untuk membunuh musuh pada masanya, jimat tersebut juga berguna untuk menyuburkan tanaman.