Tari Massal - Pembukaan Acara PENAS Petani Nelayan XVI Tahun 2023


10 Juni 2023 16:37:26 WIB

PADANG - Alhamdulillah, sukses dan lancar penampilan Tari Massal yang dibawakan oleh Mahasiswa Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang yang difasilitasi Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat. Sabtu, 10 Juni 2023 pada kegiatan Pembukaan PENAS Petani Nelayan XVI Sumatera Barat Tahun 2023 yang berlangsung di Lapangan Bandara/Lanud  Sutan Sjahrir, Padang, Sumatera Barat. Tari Massal bertemakan "Lumbuang untuk Ketahanan Pangan".

Dijelaskan oleh Prof. Indrayuda, M.Pd., Ph.D. bahwasannya tema pada tari massal diambil dari Manaruko yang merupakan proses perjalanan nenek moyang suku bangsa Indonesia di berbagai pulau di Nusantara. Melalui proses yang panjang dari membuka lahan bertani dan beternak hingga kemudian mereka dapat memproduksi hasil pertanian dan perikanan yang melimpah.Hasil produksi tersebut mereka simpan di lumbung sebagai pertanda ketahanan pangan bagi mereka.

"Tari ini ditata berdasarkan sejarah pertanian dan perikanan di Nusantara dengan idiom gerak tari-tari Nusantara dengan iringan musik akulturasi Melayu Minangkabau." kata Prof. Indrayuda, M.Pd., Ph.D..

Pada pembukaan PENAS Petani Nelayan XVI Sumatera Barat Tahun 2023 juga dihadiri oleh Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat. Beliau juga ikut mendampingi Bapak Menteri Pertanian mengunjungi Stand Pameran di PERNAS Petani Nelayan XVI Sumatera Barat Tahun 2023