Gubernur Sumatera Barat Laksanakan Silaturahmi, Ramah Tamah Dengan Seniman dan Budayawan


31 Mei 2021 15:38:56 WIB

Bertempat di Galeri Taman Budaya Sumatera Barat. Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat melaksanakan Silaturahmi dan Temu Ramah bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat pada Kamis (27/05). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Provinsi Sumatera Barat, Dra.Hj. Gemala Ranti M.Si dengan mengawali memperkenalkan Pejabat Esselon III di lingkungan Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat beserta penayangan animasi penyelesaian gedung kebudayaan Sumatera Barat yang akan memasuki penyelesaian zona B diantara para tamu undangan Seniman dan Budayawan yang hadir.

Dalam kegiatan ini juga dibuka dengan pembacaan puisi Catetan 1946 karya Chairil Anwar yang dibacakan oleh Seniman Teater Rizal Tanjung. Yang dilanjutkan dengan hantaran kata dan penyampaian program unggulan oleh Gubernur Sumatera Barat, Bapak Mahyeldi Ansharullah.

Gubernur menyampaikan kehadiran dinas Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat diharapkan dapat menjadi kanalisasi potensi kebudayaan agar dapat terkelola dengan baik. Salah satunya juga dengan tengah dipersiapkannya Dewan Kebudayaan yang diharapkan menjadi semangat kebersamaan dalam organisasi untuk memajukan kebudayaan.

Disampaikan juga terkait arah percepatan pembangunan sesuai visi misi dalam mewujudkan Sumatera Barat yang madani, unggul, berdaya saing dan berkelanjutan dengan 7 visi dan 25 program unggulan. Salah satunya terkait dengan kata madani yang berarti membangun manusia berbudaya dan membangun kebudayaan.

Dalam kegiatan ramah tamah dan silaturahmi ini juga dilaksanakan sesi tanya jawab. Salah satunya disampaikan oleh Asnam Rasyid seorang purna Taman Budaya Sumatera Barat dan Seniman Seni Rupa yang mempertanyakan terkait pembangunan gedung pusat kebudayaan yang menjadi poros berlangsungnya aktivitas kebudayaan dan kesenian khususnya pelaku pertunjukan Sumatera Barat.

Dalam pesannya, Gubernur Sumatera Barat menyampaikan dan mengajak Seniman dan Budayawan Sumbar bersama-sama memajukan dan mengisi setiap event nasional maupun internasional Kebudayaan dengan mengangkat nilai - nilai budaya, sejarah yang dapat memberikan multi efek dalam perekonomian masyarakat. Karena ada banyak kegiatan menonjolkan kepariwisataan.