Mengiring perkembang IT,Workshop Desain Grafis Komik Digital digelar UPTD Taman Budaya Sumatera Barat


29 Maret 2021 19:47:32 WIB

Dalam upaya peningkatan kualitas kesenian di Sumatera Barat. Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Sumatera Barat, Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat melaksanakan kegiatan sesuai dengan tugas, pokok dan fungsi dengan mengundang utusan perwakilan Kabupaten/Kota. Pelaksanaan workshop tahun 2021 dibagi menjadi beberapa bagian yaitu workshop desain grafis berbasis IT, workshop teater, workshop komposisi musik,  wokshop tari dan workshop seni ukir Minangkabau.

Pelaksanaan workshop merupakan program kegiatan UPTD Taman Budaya Sumatera Barat  yang dikelola oleh seksi produksi dan kreasi seni sebagai bengkel dalam meningkatkan dan memajukan kebudayaan serta kesenian di Sumatera Barat. Kegiatan lain dalam seksi ini adalah sarasehan, seminar dan eksperimen.

Workshop pertama yang dilaksanakan adalah workshop desain grafis berbasis IT untuk seluruh kota/kabupaten yang dilaksanakan pada 23 hingga 24 Maret 2021 dengan menghadirkan narasumber yang telah berpengalaman pada bidang desain grafis seperti Johan Manandin, Anggoro Prasetio, dan Fefri Rusji .

Kegiatan workshop  kabupaten/kota yang terdapat di Sumatera Barat. Untuk memaksimalkan kegiatan, UPTD Taman Budaya Sumatera Barat meminta langsung kepada daerah untuk dapat mengirimkan pelaku kreatif di bidang desain grafis sehingga materi dan praktek yang disampaikan dapat terealisasi dengan baik.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan upaya Menjawab tantangan mempersiapkan generasi yang hebat dalam soal IT yang berkaitan dengan seni rupa dan disain dengan objek kerjanya pembuatan disain komik virtual.

Sebagaimana kita pahami selama ini bahwa komik pada dasarnya dikerjakan secara manual, tapi setelah memilikiperkembangan zaman, komik manual berpindah ruang menjadi komik digital. Komik digital sangat bersaing dan banyak sekali penggiatnya didunia. Seni komik adalah seni masa depan yang mesti dikembangkan dan dikuasai oleh para milenial muda.Pada workshop yang akan dilaksanakan selama dua hari ini, pembuatan komik digital akan menjadi menu utama, sedangkan unutk kerja tambahan para peserta akan diperkenalkan dengan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan seni disain grafis, seperti pembuatan poster dan spanduk untuk kepentingan seni budaya, sekaligus peserta juga akan diberi pengetahuan IT sekaitan dengamn disain interior yang berkaitan dengan panggung pertunjukan dan lanskap seni lainnya.

Diakhir kegiatan peserta diwajibkan mengumpulkan tugas yang telah diberikan oleh pemateri. Dari hasil yang didapat, pada umumnya peserta memiliki bakat  dan beberapa diantaranya memiliki arah bakat yang  luar biasa terkait seni rupa utamanya desain grafis yang harus terus dibina untuk kematangan potensi mereka.

Harapan dari pelaksanaan kegiatan workshop desain grafis ini adalah meningkatkan kualitas kesenian dan SDM pelaku seni, sehingga karya desain grafis yang dihasilkan para peserta semakin berkualitas baik untuk dikembangkan serta siap tampil dengan kualitas terbaik dan siap bersaing di tingkat lokal, regional maupun Internasional.