Selamat Jalan Putera Terbaik Bapak Nazif Basir


03 Mei 2020 15:06:07 WIB

Keluarga Besar Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Mengucapkan Turut Berbelangsungkawa Telah Berpulangnya Salah Satu Putera Terbaik Sumatera Barat

Telah berpulang Bapak Nazif Basir, seorang seniman, wartawan, dan penulis Indonesia asal Sumatera Barat Dalam Usia 85 Tahun Pada Tanggal 01 Mei 2020 di Rumah Sakit Pertamina Jakarta. Beliau juga suami dari Ibu @Elly Kasim yang merupakan Penyanyi Pop Legendaris Sumatera Barat dan pendiri Sanggar Tari Nasional Bunda, yang lebih dikenal dengan nama Sangrina Bunda pada tahun 1978.

Doa Terbaik Untuk Almarhum Dan Keluarga Besar Yang Ditinggalkan Diberikan Ketabahan
Serta Dedikasi Selama Beliau Hidup Dapat Menjadi Inspirasi dan Dilanjutkan Oleh Generasi Berikutnya
Al Fatihah

Sedikit Tentang Almarhum

Nazif Basir (lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat, 5 Juni 1934; umur 85 tahun) adalah seorang seniman, wartawan dan penulis Indonesia.[1] Nazif bersama istrinya, Elly Kasim, merupakan pendiri Sanggar Tari Nasional Bunda, yang lebih dikenal dengan nama Sangrina Bunda pada tahun 1978. Sangrina Bunda beraktivitas sebagai pusat pendidikan dan latihan tari-tarian tradisi untuk anak-anak remaja dan dewasa yang berlokasi di Jakarta Timur. Mereka telah membawa sanggar tari tersebut keliling dunia memperkenalkan kebudayaan dan kesenian Indonesia ke 118 kota di 35 negara. Selain dikenal sebagai penata tari (koreografer), Nazif juga dikenal sebagai pencipta lagu, terutama lagu-lagu Minang.

Sepanjang karier profesionalnya, disamping sebagai seniman, Nazif juga pernah berkarya sebagai penulis dan jurnalis. Nazif telah menulis sejak masih sekolah di Yogyakarta pada tahun 1953, dengan menulis berbagai cerita pendek yang dimuat di berbagai majalah yang terbit di berbagai kota di Indonesia. Sebagai wartawan, dia juga pernah aktif di berbagai media, baik sebagai redaktur maupun pemimpin redaksi. Ia merupakan alumni angkatan pertama dari Akademi Seni Drama & Film Yogyakarta pada tahun 1957.

Bersama Taufiq Ismail, Nazif pernah memimpin LKAM (Lembaga Kesenian Alam Minangkabau Jakarta) dari tahun 1984 hingga 1987, dan juga pernah menjabat Ketua bidang kebudayaan BK3AM (Badan Koordinasi Kemasyarakatan dan Kebudayaan Alam Minangkabau Jakarta) selama dua periode dari tahun 1988 sampai 1998.

Info Lebih Lanjut Terkait Almarhum Dapat Dilihat Di :

https://id.wikipedia.org/wiki/Nazif_Basir