Pendataan Pekerja Seni Terdampak COVID-19


03 April 2020 19:19:08 WIB

Sebagai corong kaba (pusat informasi) kebudayaan di Sumatera Barat ...

 

Maka keberadaan akun dinas kebudayaan dimanfaatkan sebagai sarana informasi dan pendataan kegiatan kebudayaan baik yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan maupun Daerah, Komunitas, Pelaku Budaya dan Seni Serta Masyarakat serta instansi terkait lainnya

 

Meneruskan Kabar dari Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

 

PENDATAAN PEKERJA SENI TERDAMPAK COVID-19

(PENUNDAAN PENTAS/KONSER/GALERI TUTUP/DIRUMAH TIDAK ADA PEMASUKAN

 

Sehubungan dengan pandemi COVID-19 ini, banyak pekerja seni kehilangan mata pencaharian. Untuk itu, tadi pagi di Metro TV Pak Dirjen menyatakan telah menyiapkan program Pelindungan Sosial Pekerja Seni (PEPES). Tujuannya untuk membantu pekerja seni tetap beraktivitas seni sambil tetap mematuhi kaidah penjarakan fisik. Sebelum program ini berjalan, perlu dilakukan inventarisasi dulu terhadap para pekerja seni yang terdampak secara ekonomi oleh COVID-19. Nah, untuk itu kami telah menyiapkan borang (formulir) dalam bentuk Google Form yang bisa diisi oleh para pekerja seni. Mohon bantuan Bapak Ibu untuk menyebarkan borang tersebut ke para pekerja seni di daerah. Harapannya borang ini dapat terisi sampai dengan hari Rabu, 8 April.

 

Wabah COVID-19 telah menciptakan kesukaran pada sektor kesenian. Guna mendukung penjarakan fisik, banyak perhelatan seni ditangguhkan sampai waktu yang belum ditentukan. Akibatnya, para pekerja seni yang mengandalkan penghidupan dari perhelatan itu pun menjadi kehilangan mata pencaharian. Mereka bukan hanya para seniman, tetapi juga kru pendukung perhelatan / pertunjukan kesenian.

 

Melalui borang (formulir) ini, Direktorat Jenderal Kebudayaan hendak menginventarisasi para pekerja seni yang terdampak secara ekonomi oleh COVID-19. Apakah Anda adalah pekerja seni yang terdampak secara ekonomi oleh COVID-19? Jika ya, isilah borang ini selengkapnya di bit.ly/borangpsps (https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfcupDWklTyRVjVv6C19QrMMIBHVPsAuEo47o_pp8Rnd5-ekQ/viewform)

 

Silakan sebarkan formulir ini ke jaringan atau rekan-rekan Anda.