Pawai Alegoris Provinsi Sumatera Barat Memperingati HUT RI KE 74


13 Agustus 2019 09:43:52 WIB

Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus. Tahun 2019 Dinas Kebudayaan Sumatera Barat kembali dipercaya menjadi panitia pelaksana Pawai Alegoris  untuk yang ketiga kalinya. Persiapan yang matang telah dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat diantaranya telah melakukan koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah yang turut menjadi stakeholder pelaksana maupun yang terlibat dalam mengisi kegiatan. Hal ini dilakukan agar kegiatan HUT RI Ke 74   dilaksanakan dapat berjalan dengan baik.

Pawai Alegoris 2019 dalam rangka memperingati HUT RI Ke 74 mengangkat tema pembangunan dan kebudayaan. Kegiatan ini akan dilaksanakan hari Minggu 18 Agustus 2019  mulai pukul 14.00 hingga selesai dengan panggung utama di depan kantor Gubernur Provinsi Sumatera Barat. Pelaksanaan pawai alegoris dilaksanakan dalam bentuk pawai kendaraan dan pawai jalan (non kendaraan). Peserta pawai alegoris adalah SKPD Provinsi Sumatera Barat, Instansi Vertikal, BUMD/BUMN, Paguyuban, dan Komunitas. ). Setiap peserta pawai diwajibkan mengenakan pakaian tradisional Indonesia. Rekayasa lalu lintas akan dilakukan dengan menutup jalan menuju panggung utama (Jl.Sudirman) pada pukul 14:00 WIB dan rute pawai alegoris hingga berakhir.

Pawai Alegoris Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan salah satu bentuk kegembiraan dalam memperingati kemerdekaan republik ini. Semua masyarakat, instansi, dan pihak turut merayakan kemerdekaan serta mengenang jasa - jasa pahlawan yang telah berkorban untuk dapat membebaskan bangsa ini dari segala bentuk penjajahan. Merupakan simbol atau perlambangan di saat Republik Indonesian dalam meraih hak kendali penuh atas seluruh wilayah bagian negaranya.

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan salah satu hari yang penting dalam perjalanan bangsa ini. 17 Agustus 1945 Teks Proklamasi dibacakan sebagai tanda bahwa Indonesia telah bersatu menjadi satu dan telah merdeka dari penjajahan bangsa asing. Kemerdekaan ini ada karena perjuangan para pahlawan yang memiliki kesamaan ini bebas dari belenggu penjajahan dan mandiri menjadi sebuah bangsa yang utuh dengan pengorbanan yang luar biasa, sehingga saat ini kita mampu menikmati kemerdekaan dalam negara.

Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat mengajak seluruh masyarakat dari berbagai kalangan dan lapisan untuk dapat bersama memeriahkan dan menyaksikan Pawai Alegoris Provinsi Sumatera Barat tahun 2019 sebagai bentuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 serta memperingati jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam mempertahankan dan membebaskan bangsa dari segala penjajahan. Diharapkan melalui pawai alegoris masyarakat dapat menjadi terinspirasi dan termotivasi melanjutkan kemerdekaan dengan turut menjaga persatuan, mendukung pembangunan serta bersama dalam memajukan daerah dan bangsa ini.