Pameran Visual Silek Arts Festival 2019 : Garak Jo Garik


27 Juni 2019 14:14:04 WIB

Repost @Silek Art Festival 2019 dan Dinas Kebudayaan Sumbar

Indonesiana adalah platform pendukung kegiatan seni budaya di Indonesia yang bertujuan untuk membantu tata kelola kegiatan seni budaya yang berkelanjutan, berjejaring, dan berkembang. Indonesiana diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Indonesiana dikerjakan dengan semangat gotong royong dan dengan melibatkan semua pihak yang memiliki kepedulian dan kepentingan atas pemajuan kebudayaan di Indonesia.
Silek Arts Festival mengusung kegiatan sebagai upaya penggalian, pelestarian, pengembangan, pemanfaatan dan pemajuan silek dalam berbagai bentuk medium dan kegiatan.
Kegiatan ini terselenggara dan merangkai sinergi untuk pemajuan kebudayaan yang terdiri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Kabupaten Kota serta Komunitas Budaya dan Seni Di Sumatera Barat

Dalam rangkaian PLATFORM INDONESIANA Oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan melaksanakan Tata Kelola, Sinergi dan Ekosistem Kebudayaan amanat Undang –Undang Pemajuan Kebudayaan No.05 Tahun 2017 memilih Sumatera Barat sebagai salah satu pelaksana untuk tahun ini hingga tiga tahun kedepan. Dengan ini SUMATERA BARAT bekerjasama dengan KEMENTERIAN PENDIDIKAN dan KEBUDAYAAN melalui DIREKTORAT JENDERAL KEBUDAYAAN, KABUPATEN /KOTA dan KOMUNITAS KEBUDAYAAN dan KESENIAN dengan ini mempersembahkan SILEK ARTS FESTIVAL 2019 “SAPAKAIK MAKO BALEGA" yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 - 31 Agustus 2019 dengan berbagai kegiatan .
Mari kita bangga dengan budaya sendiri, jati diri kita asli warisan nenek moyang.Mari kita bangun kembali ekosistem budaya kita, mari kita rajut dan perkuat sinergi budaya dan komunitas
Mari kita lestarikan, kembangkan, manfaatkan dan kita majukan kebudayaan kita.Mari saling bergotong royong dan bersinergi membangun kembali ekosistem jati diri kita.
Mewujudkan gotong royong, ekosistem, sinergi dan tata kelola festival Kebudayaan dalam bingkai Platform Indonesiana.

SILEK ARTS FESTIVAL 2019

Mempersembahkan
PAMERAN SENI VISUAL dengan Tema GARAK JO GARIK

Ayo daftarkan karya mu di : https://tinyurl.com/pameransenivisual2019

Pendaftaran Karya : 25 Mei - 25 Juli 2019

Penampilan Karya : 20 - 30 Agustus 2019

Catatan Penting tentang Karya :
1. Pengerjaan dan penyiapan karya adalah tanggung jawab peserta.
2. Karya yang diajukan dan dipamerkan merupakan milik masing-masing peserta yang dihasilkan pada rentang tahun 2018 - 2019.
3. Karya harus sesuai dengan tema, yaitu Garak Jo Garik.
4. Karya peserta dapat berupa : lukisan, patung, seni cetak, foto, mural, komik, ilustrasi, light art, street art, video art, object art, instalation art, ilustrasi, animasi, dan intermedia.
5. Pameran Seni Visual #SAF2019 akan melibatkan para seniman tari, teater, musik, instalasi, dan video untuk berkolaborasi membuat sebuah karya intermedia yang nantinya akan ditampilkan pada acara pembukaan pameran.
6. Media dan teknik pembuatan karya tidak terikat / BEBAS.
7. Panitia akan menyediakan anggaran untuk membantu biaya produksi pembuatan karya instalasi, karya kolaborasi, intermedia, dan karya out door lainnya sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia.
8. Setiap peserta mengirimkan dua buah karya dalam bentuk image/foto ukuran 10R (dikirim via pos) atau dalam bentuk soft file dengan ukuran minimal 500kb dan maksimal 4 mb (dikirim via email) sebagai bahan penilaian kurator.
9. Ukuran karya :
 a. Karya 2D : minimal 1 meter x 1 meter dan maksimal 3 meter x 3 meter
 b. Karya 3D : minimal 50 cm³ dan maksimal 3 m³
 c. Karya Instalasi : maksimal 5 m³
Dengan format bebas (boleh vertikal ataupun horizontal).
10. Pilihan ukuran, materi, dan bentuk karya bersifat khusus harus dibicarakan dengan pihak kurator.

 

Informasi lebih lanjut terkait penyelenggaraan Silek Arts Festival 2019 dapat mengunjungi :
Instagram Silek Arts festival (SAF) 2019 : @Silekart2019 (https://www.instagram.com/silekarts2019/)
Facebook Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat : Dinas Kebudayaan Sumbar (https://www.facebook.com/minangkabau.mentawai), Halaman : Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat (https://www.facebook.com/Dinaskebudayaanprovinsisumaterabarat/?modal=admin_todo_tour)
Instagram Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat : @dinaskebudayaansumbar (https://www.instagram.com/dinaskebudayaansumbar/)
Twitter Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat : Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat (https://twitter.com/Disbudsumbar?lang=en-id)