Pembukaan Pameran Temporer : Sobat Alam Minangkabau


15 Agustus 2023 15:35:52 WIB

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan pengembangan kebudayaan di Sumatera Barat salah satunya melalui pameran museum, Pemerintah Sumatera Barat mendorong semua lembaga dan institusi meningkatkan kerjasama dengan bidang kebudayaan khususnya Dinas Kebudayaan Sumatera Barat. Pembukaan Pameran Temporer yang diselenggarakan di Museum Adityawarman, Selasa (15/8/2023) dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat didampingi Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim), beserta Rektor Universitas Andalas, Kepala OPD lingkup Sumatera Barat, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Barat, Kepala Dinas bidang kebudayaan Kab/Kota, Kepala Museum Adityawarman Sumatera Barat, dan Kepala Museum Mulawarman Kalimantan Timur. 

Pameran temporer ini mengangkat tema “Zoologi Sumatera Barat” dengan judul “Sobat Alam Minangkabau” telah melalui proses riset Bersama Kepala Dept Biologi Unand, serta proses
penataan taksonomi, dan kuratorial. Pameran menceritakan menceritakan mengenai kondisi lingkungan alam Sumatera Barat, berbagai satwa yang telah hadir sepanjang masa dalam berbagai jenis satwa unik dan merupakan satwa yang harus dilindungi dan dilestarikan.

Kekayaan dan keunikan keanekaragaman hayati Sumatera Barat telah menjadi daya tarik bagi para peneliti semenjak dahulu. Sebagaimana Gubernur Sumatera Barat menyampaikan pada sambutannya bahwa saat ini alam Sumatera Barat menjadi magnet wisatawan datang untuk bisa menikmati keindahan alam dan kebutuhan informasi bisa didapatkan museum khususnya fauna-fauna khas Sumatera Barat.

Pameran bersama ini menjadi informasi dan edukasi bagi masyarakat, pengetahuan tidak hanya pada  proses literasi tetapi dengan melihat langsung koleksi Biologika yang ada di Museum Adityawarman. Pameran tahun ini bekerjasama dengan Departemen Biologi, FMIPA, Universitas Andalas dan  Balai Konservasi Sumber Daya Alam dalam menyelanggarakan kegiatan pameran bersama. Museum Adityawarman sebagai unit pelayanan teknis Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat.