UPTD Taman Budaya Sumatera Barat laksanakan Workshop Teater pembuka rangkaian workshop seni budaya 2023


19 Februari 2023 13:12:49 WIB

Bertempat di lantai 4 Gedung Kebudayaan Sumatera Barat. Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat memulai rangkaian workshop seni budaya 2023 yang dilaksanakan pada 14 - 16 Februari 2023. Diawali dengan pelaksanaan workshop teater yang melibatkan peserta utusan Kabupaten/Kota dan melalui pendaftaran serta seleksi jalur komunitas.

Pelaksanaan kegiatan workshop seni budaya merupakan kegiatan rutin UPTD Taman Budaya Sumatera Barat sekaligus mendukung program unggulan yang dicanangkan oleh Gubernur Sumatera Barat dalam mewujudkan 100.000 Enterpreneur termasuk dalam bidang Kebudayaan, Kesenian dan Kreativitas. 

Dalam sambutan pembukaan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat disampaikan workshop ini digelar dalam rangka pembinaan, pengembangan, dan peningkatan kapasitas SDM pelaku seni budaya di Sumbar serta upaya menciptakan generasi unggul yang berkeadaban sesuai dengan norma yang berlaku di Sumatra Bara sekaligus sejalan dengan undang-undang pemajuan kebudayaan yang telah ditetapkan sebagai cita-cita nasional.

Tema dari workshop teater tahun 2023 ini bertajuk “Penguatan Potensi Keaktoran Sumatera Barat, Peningkatan Pengetahuan Seni Akting Sesuai Dengan Perkembangan Zaman dengan Tetap Merespon Seni Tradisi Sebagai Basis Utama. Tema yang diangkat terkait dengan keaktoran berangkat dari pengamatan dan evaluasi kegiatan Festival Teater Remaja tahun 2022 yang menemukan titik permasalahan pada masalah keaktoran. 

Dalam kegitan workshop pada tahun ini sebagai pemateri diundang praktisi dan akademisi teater yang memilki spesifikasi keunikan dalam hal kekaktoran. Keunikan yang dimaksud berkaitan dengan kecenderungan mereka dalam bermain teater (realis, tubuh, ekspreimen). Pemateri workshop teater tahun 2023 ini adalah Afrizal H, Wendy HS, dan Pandu Birowo. Pilihan terhadap pola ini dimaksudkan untuk memberi pengayaan kepada peserta sekaligus memperkenalkan ruang - ruang keaktoran yang pada dasarnya juga sudah sangat berkembang sesuai zamannya. 

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memberi penguatan kepada aktor - aktor potensial muda, meningkatkan kapasitas pengetahuan keaktoran serta melahirkan aktor - aktor teater yang berwawasan khususnya kelompok teater remaja Sumatera Barat untuk dapat diperhitungkan dalam ekosistem  teater, seni dan kreativitas di tingkat regional, nasional dan internasional.