Warta Edisi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (WBTBI) Dari Provinsi Sumatera Barat, Silek Minang


08 Februari 2022 20:44:08 WIB

SILEK MINANG

No registrasi : 201400096

Domain : Seni Pertunjukan

Maestro : Masyarakat Adat Minangkabau

Kategori Karya Budaya : Seni Tradisi

Lokasi Karya Budaya : Seluruh Wilayah Sumatera Barat Kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai

Pengampu Budaya : Etnis Minangkabau

Deskripsi :

Silek, sebagai suatu bentuk seni budaya masyarakat minangkabau, sumatera abarat. merupakan permainan seni beladiri anak nagari yang berkembang dalam kerangka mempertahankan kedaulatan dan harga diri, baik individu, keluarga, kaum, kampung dan nagari terutama dari berbagai bentuk gangguan yang bersifat eksternal, disamping itu, silek juga menyimpan nilai - nilai luhur kebudayaan masyarakat yang penting untuk diwariskan. berdasarkan keterangan maestro, melalui silek tersaji satu bentuk permainan seni beladiri yang secara sepintas berperan sebagai olah gerak bagi setiap pesilat. tampilan seni gerak yang berpola tersebut kemudian bermuatan nilai budaya masyarakat, terutama dalam perannya sebagai seni yang dikembangkan oleh sebagai kebatinan. muayan nilai budaya tersebut antara lain kesiapan lahir dan bathin suatu kelompok masyarakat budaya dalam menjaga dan memelihara harga diiri dan kehormatan.

Silek tidak hanya dipahami sebagai beladiri, silek merupakan akan kultur kebudayaan, nilai, makna,filosofi dan konsepsi dalam masyarakat Minangkabau.

Selain sebagai warisan budaya tak benda indonesia (wbtbi) dari provinsi sumatera barat tahun 2014, silek juga menjadi bagian dari pencak silat indonesia sebagai warisan budaya tak benda dunia dari indonesia yang ditetapkan pada Sidang ke-14 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Bogota, Kolombia, 9-14 Desember 2019.

#warisanbudayatakbenda
#WBTbI
#sumaterabarat