Sambut HPN 2018, Museum Adityawarman Adakan Lomba Menulis


09 November 2017 09:17:18 WIB

Padang, Untuk memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang bakal dipusatkan di Padang, Dinas Kebudayaan Sumbar melalui UPTD Museum Adityawarman mengadakan lomba menulis untuk Mahasiswa dan pelajar se-Sumbar.

Lomba menulis yang akan diadakan memiliki tema “Sejarah Pers Minangkabau”. Bagi yang berminat dapat mengirimkan tulisannya melalui email: adityawarmanmuseum@yahoo.com dan fahyu82@gmail.com. “Tulisannya dapat diirimkan paling lambat 20 November,” jelas Kepala UPTD Museum Adityawarman, Adi Saputra.(mrb)

Menurutnya, peserta boleh memilih sub topik yang disediakan, tokoh pers Minangkabau dan tokoh pers media cetak. Peserta diharuskan menulis nama lengkap, mahasiswa/pelajar, nomor ponsel (HP) dan email. Kriteria penilaian, kesesuaian topik, gagasan, kreativitas pengolahan ide, tata cara penulisan dan kelengkapan data.

Syaratnya, peserta hanya boleh mengirimkan satu tulisan sesuai dengan topik yang dipilih. Tulisan belum pernah dimuat baik cetak maupun online, jumlah halaman 3 hingga 10 halaman dengan spasi 1,5 dengan jenis huruf Times News Roman font 12 ukuran kertas A4. “Pemenang akan memperoleh hadiah tabanas, untuk juara I Rp 3.500.000,-, Juara II Rp 2.500.000, juara III Rp 2.000.000,- dan pemenang akan diumumkan 29-30 November 2017,” ujarnya.

Ditegaskan, keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat, panitia tidak melayani surat menyurat. Dewan juri berhak membatalkan keputusannya, jika dikemudian hari diketahui karya pemenang melanggar karya cipta orang lain (plagiat) atau mengikuti lomba sejenis dan telah dimuat di media baik online maupun cetak.