Menggalang Komitmen Bersama untuk Pemajuan Kebudayaan di Sumatera Barat: Tinjauan Forum Perangkat Daerah Urusan Kebudayaan


28 Februari 2024 09:31:01 WIB

Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Kebudayaan telah menggelar Forum Perangkat Daerah Urusan Kebudayaan seProvinsi Sumatera Barat pada 26 s.d 27 Februari 2024 di Auditorium IPDN Kampus Sumatera Barat, Jl. Raya Bukittinggi - Payakumbuh, Tabek Panjang, Kec.Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Acara ini bertujuan untuk membahas dan merumuskan langkah-langkah konkret dalam memajukan kebudayaan di daerah tersebut.

Dalam pembukaan forum tersebut oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Bapak DR. H. Jefrinal Arifin, S.H., M.Si, diungkapkan komitmen pemerintah terkait pemajuan kebudayaan sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017. Adapun tujuan pemajuan kebudayaan yang menjadi fokus antara lain adalah mengembangkan nilai-nilai budaya, memperkaya keberagaman, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Forum ini juga menjadi ajang untuk mengevaluasi program-program sebelumnya seperti Silek Art Festival dan Gita Bahana Nusantara serta merumuskan rencana kerja Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat untuk tahun 2025. Meski dihadapkan pada dinamika dan tantangan, pemerintah daerah beserta seluruh elemen masyarakat berkomitmen untuk tetap menyatukan langkah dalam memajukan kebudayaan di Provinsi Sumatera Barat.

Dengan tema "Mari Kita Wujudkan SDM Kebudayaan yang bersertifikasi untuk pemajuan Kebudayaan di Provinsi Sumatera Barat", forum ini diharapkan dapat menghasilkan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan kompetensi SDM kebudayaan untuk mendukung pembangunan kebudayaan di daerah tersebut.

Semua pihak yang hadir dalam forum ini, termasuk perwakilan dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, perguruan tinggi, dan elemen masyarakat, diapresiasi atas partisipasinya dalam menyusun rencana bersama untuk kemajuan kebudayaan di Sumatera Barat.