GALA PREMIERE FILM ONDEH MANDE 21 JUNI 2023


22 Juni 2023 09:55:27 WIB

Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat ikut menghadiri Gala Premiere film “Onde Mande!” yang diadakan di CGV Padang pada Rabu malam (21/6/2023). Gala Premiere ini dihadiri pula oleh Gubernur beserta OPD Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Rekan Media, dan Selebgram hits di Kota Padang. Pada tanggal 22 Juni, film ini sudah bisa disaksikan di bioskop – bioskop seluruh Indonesia.

Film Onde Mande! adalah sebuah film keluarga yang mengangkat budaya lokal dengan ciri khas budaya Minangkabau. Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris yang memiliki keturunan darah minang seperti Shenina Cinnamon, Emir Mahira, Jajang C Noer, Jose Rizal Manua dan Shahabi Sakri, serta disutradarai oleh Paul Fauzan Agusta dan diproduseri Suryo Wiyogo dan Cristian Imanuell.

Film Onde Mande! yang kental akan unsur – unsur dan budaya Minangkabau memiliki cerita yang berlatar di desa Sigiran yang berada di tepi danau Maninjau. Cerita berpusat kepada hadiah sayembara senilai Rp 2 Miliar yang dimenangkan oleh Angku Wan dari perusahaan sabun dan ia berjanji akan menggunakan hadiah tersebut untuk membangun desa. Namun, Angku Wan meninggal sebelum menerima hadiah tersebut, sehingga masyarakat desa Sigiran bekerja sama untuk mencari cara agar dapat mengklaim hadiah sayembara tersebut.

Mahyeldi Ansharullah, selaku Gubernur Sumatera Barat turut bangga karena film yang mengangkat tema Minangkabau bertambah dalam ruang lingkup layar lebar nasional, sehingga memberi dampak positif dalam promosi budaya dan wisata daerah.

“Kita bangga, saat ini telah banyak film layar lebar yang mengangkat sisi budaya dan keindahan alam Minangkabau, “Onde Mande” adalah salah satu contohnya, ini positif untuk promosi pariwisata Sumbar,” – Mahyeldi, setelah menyaksikan “Onde Mande!” di Bioskop CGV Padang, Rabu malam (21/6/2023).

Gubernur Mahyeldi juga mengajak masyarakat untuk beramai – ramai menyaksikan film Onde Mande! pada tanggal 22 Juni 2023 dalam rangka untuk memberikan support kepada film – film dan sineas – sineas Minangkabau.