DINAS KEBUDAYAAN GELAR LOMBA PASAMBAHAN ADAT MINANGKABAU

Padang, Lantai 3 Rumah Bagonjong, Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat melalui bidang Sejarah Adat dan Nilai-Nilai Tradisi melaksanakan kegiatan Pidato Adat Minangkabau Se-Sumatera Barat untuk tingkat SLTA. Kegiatan ini dilaksanakan di sebuah hotel di Bukittinggi pada tanggal 11 s/d 13 September 2017. Lomba Pidato Adat Minangkabau ini difokuskan pada “Pasambahan Maanta Marapulai”.

Dalam sambutannya Kepala Bidang Sejarah Adat dan Nilai-Nilai Tradisi, Drs. Januarisdi, MLIS mewakili Kepala Dinas mengatakan bahwa, pelaksanaan kegiatan ini dilatarbelakangi oleh semakin sedikitnya orang yang pandai dalam berpidato adat atau pasambahan akhir-akhir ini di Sumatera Barat. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan muncul kembali keinginan untuk mempelajari nilai-nilai budaya Minangkabau terutama dalam berpidato atau Pasambahan Adat Minangkabau. “Pemilihan siswa SLTA/SMK sebagai peserta bertujuan untuk menciptakan generasi baru yang akan meneruskan kebudayaan Minangkabau, terutama dalam berpidato adat”, ujarnya.

Lomba “Pasambahan Maanta Marapulai” ini dinilai oleh 3 orang juri yang berpengalaman di bidangnya masing-masing. Sebelum lomba dimulai, dewan juri menyampaikan teknis lomba dan kriteria penilaian. Penilaian lomba diambil dari struktur kalimat, ketepatan sastra, isi pidato dan penampilan. Masing-masing peserta diberikan waktu 20-25 menit untuk menampilkan kebolehan mereka dalam “Pasambahan Maanta Marapulai”.

Setelah melaksanakan lomba selama 3 hari, diperolehlah pemenang lomba ini, yaitu: Juara I diraih oleh Kabupaten Agam, Jura II Kabupaten Tanah Datar, Juara III Kabupaten Lima Puluh Kota, Juara harapan I Kabupaten Solok dan Juara Favorit Kabupaten Mentawai.(mrb)

.


Cari Berita

Video Dinas Kebudayaan

Video Selengkapnya


Social Icons

Share to Facebook Share to Twitter Share to Gmail Print More...

Berita Terpopuler

Sambut HPN 2018, Museum Adityawarman Adakan Lomba Menulis.

09 November 2017 09:17:18 WIB

Meriahkan HPN 2018, Disbud Sumbar Gelar festival Pantun Spontan Wartaw.

16 Desember 2017 12:49:28 WIB

Penyusunan Buku Sejarah Minangkabau, Persiapan Pra Kongres Sejarah Min.

14 November 2017 10:44:59 WIB

Diskusi Sejarah Pers Nasional di Minangkabau.

14 November 2017 10:42:55 WIB

Pengumuman.

15 Desember 2017 17:34:44 WIB

Agenda Kegiatan

Latest Posts

Kategori Berita