Audisi Gita Bahana Nusantara


09 November 2017 09:01:28 WIB

Padang, Dinas kebudayaan Provinsi Sumatera Barat melakukan kegiatan Gita Bahana Nusantara (GBN) pada hari senin sampai rabu (17-19/7) di Hotel Mariani Padang. Kegiatan ini diikuti oleh 2 orang utusan putra dan putri dari 18  Kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Kegiatan ini merupakan pembentukan tim paduan suara dan orkestra yang terdiri dari generasi muda berbakat perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia.  Audisi Gita Bahana Nusantara dilaksanakan secara rutin pada setiap tahunnya dengan tujuan memberikan nilai positif bagi generasi muda khususnya dalam meningkatkan semangat kebangsaan, semangat membangun Indonesia yang maju dimasa depan dan membangkitkan minat generasi muda dalam kegiatan kesenian dan kebudayaan.

Kepala Dinas Kebudayaan, Taufik Effendi, S.Pd,MM mengatakan, Gita Bahana Nusantara adalah kegiatan yang patut dilaksanakan karena merupakan agenda nasional sejak tahun 2003. “Untuk masa yang akan datang kita akan mempersiapkan sebaik mungkin SDM yang akan bertarung, melalui pembinaan yang dilakukan oleh kabupaten dan kota,” ungkapnya.

Kegiatan Audisi Gita Bahana Nusantara diawali dengan registrasi peserta, pembukaan,menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan do’a, sambutan Kepala Dinas Kebudayaan, penampilan peserta dan pengarahan dewan juri bagi para pemenang.

Sementara itu Kepala Bidang Seni dan Diplomasi Budaya, Elvina Adi Yanti, SE,MM mengatakan, dengan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat terwujudnya generasi muda yang berkarakter, terhormat dan bermartabat dengan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya, terjalinnya rasa Patriotisme dan Nasionalisme dikalangan generasi muda. “Kegiatan GBN ini menjadi sangat penting karena merupakan pembinaan kesenian nasional yang berkesenambungan sekaligus upaya pewarisan nilai-nilai nasionalisme  secara tak langsung memajukan kebudayaan nasional,” ujarnya.