Lemhanas Kunjungi Museum Adityawarman


09 November 2017 09:00:53 WIB

Padang (4/7)-Museum Adityawarman dikunjungi oleh rombongan Jendral dan Perwira menengah baik dari Indonesia maupun negara-negara sahabat. Kedatangan mereka untuk mengetahui kebudayaan Sumatera Barat melalui koleksi yang dimiliki oleh museum.

Kepala Museum Adityawarman, Adi Saputra menyebutkan, kegiatan ini merupakan kunjungan dari peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LVI Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI tahun 2017.

“Kami kedatangan tamu dari tim Lemhanas dari Jakarta terdiri dari beberapa jendral dari Mabes Polri dan dari negara asing seperti dari negara Vietnam, Kamboja, Srilangka, Zimbabwe, Arab Saudi, dan Laos lebih kurang mereka berjumlah tiga belas orang,” tambahnya.

Dengan adanya kunjungan ini mereka nantinya akan membantu mempromosikan keunikan dan apa saja yang ada di Museum Adityawarman. “Setelah mereka nantinya kembali ke negara masing-masing, kami berharap mereka ikut membantu mempublikasikan Museum Adityawarman sehingga dikenal luas hingga ke luar negeri,” ucap Adi.

Sementera itu, pimpinan rombongan, Laksda TNI Yuhastiar, mengatakan, tujuan utama kunjungan adalah untuk menambah pengetahuan serta pemahaman kepada peserta PPRA LVI Lemhanas 2017 mengenai pengenalan budaya lokal di Indonesia. Selain itu diharapkan, peserta juga berkontribusi terhadap pengembangan potensi budaya beserta infrastruktur bagi daerah yang dikunjungi kedepan. “Materi program pengenalan budaya lokal di Indonesia ini merupakan materi wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa Lemhanas, khususnya yang berasal dari luar negeri,” sebutnya.

Ia melanjutkan sasaran kegiatan antara lain memperoleh gambaran baik konsep maupun produk budaya lokal yang dimiliki setiap daerah melalui pemerintah daerah dan daerah wisata. Kunjungan ke museum diharapakan dapat memberikan gambaran bagaimana kebudayaan lokal di Sumatera Barat. Museum kami jadikan sebagai tempat untuk memperoleh bagaimana gambaran kebudayaan lokal yang ada,” katanya. (mrb)