Bimbingan Teknis (Bimtek) Seni dan Budaya - Mari Kita Lestarikan Adat dan Budaya Minangkabau Sesuai Motto Sumbar ABS-SBK


25 Juni 2023 20:57:03 WIB

Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Seni dan Budaya dengan tema "Mari Kita Lestarikan Adat dan Budaya Minangkabau Sesuai Motto Sumbar ABS-SBK" Hotel Sultan Jln Soekarno Hatta Bukittinggi, Sabtu (24/06/2023).

Bimtek dibuka oleh Sekretaris Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat bersama beberapa narasumber Drs. H. Asra Faber, H. Fakhry Emil Habib, LC.Dipl.MH, Asra Fakhri, S.pd Dt. Nan Kodoh, dan Dassrul, SS,M.Si.

Bimtek digelar dalam rangka meningkatkan minat dalam melestarikan adat dan budaya yang menjadi ciri khas Minang sesuai dengan Motto Sumbar ABS-SBK "Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah" yang berarti "Adat sabana Adat, Adat Istiadat, Adat nan Teradat, Adat nan diadatkan"dihadiri oleh 75 utusan sanggar yang tersebar di Bukittinggi dan Agam.

Merangkum kegiatan Bimtek, seni terbagi atas tiga tinjauan, yaitu agama, adadt Minangkabau, dan nilai-nilai dari masyarakat.

Tinjauan agama yang berupa Seni Tamaddun, Qasidah, Gambus, Rebana, Barzanji, Khatam Alquran, dan lain sebagainya. Tinjauan Adat berupa Pasambahan, adat Makan Minum, pernikahan, Acara-acara keagamaan. Serta tinjauan nilai-nilai dari masyarakat berupa Randai, silat, saluang, dan Rabab.