SUKSESKAN FABN III DI SUMBAR, “SEKDA : KITA SUKSESKAN BERSAMA”


09 Mei 2023 14:37:03 WIB

Dalam rangka menyukseskan Festival Adat Budaya Nusantara (FABN) III yang akan dilaksanakan di Sumatera Barat, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengadakan rapat gabungan dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah dengan perwakilan DPP Masyarakat Adat Nusantara (Matra) yang dipimpin oleh Sekda Sumbar, Hansastri, Senin (8/5/2023) di ruang rapat lantai II Kantor Gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Sekda menekankan agar kegiatan ini dapat dilaksanakan sebaik mungkin dan kita sukseskan bersama, dalam hal ini tentu kerjasama dan kolaborasi antara Pemprov Sumbar, Pemko Padang, Padang Panjang dan Bukittinggi dengan Matra.

“Jadi harus jelas penanggung jawab masing-masing, karena ini menyangkut nama baik Sumatera Barat di mata para raja-raja nusantara” ungkapnya.

Selanjutnya, dia menyebutkan jika memang ada hal teknis yang menjadi kendala, maka harus segera di komunikasikan dengan OPD terkait ataupun dengan Pemerintah Kota, sehingga nanti didapat penyelesaiannnya.

“Jangan didiamkan, kalau didiamkan malah akan menjadi masalah besar” ujar Sekda.

Kemudian, Hansastri juga menekankan bahwa karena tahun sekarang sudah masuk pada tahun politik, tentunya kita harus selektif dalam melaksanakan kegiatan ini, karena nanti banyak orang-orang besar dan ada juga yang berkiprah di politik.

“Hampir semua pelaksana kegiatan nantinya adalah ASN dari pemprov dan Kota, jadi saya sebagai pejabat tertinggi dalam struktur ASN tentu harus mewanti-wanti agar hal tersebut tidak terjadi. Sudah sangat jelas, bahwa ASN harus netral dan tidak boleh ikut dalam politik” tegasnya.

Sementara itu, Sutan Muhammad Yusuf, Waketum I DPP Matra menyampaikan bahwa rencana, tempat pelaksanaan FABN III ini akan dilaksanakan di 3 (tiga) tempat, Padang, Padang Panjang dan Bukittinggi, dan waktu pelaksanaan 26-30 Mei 2023.

“Perkiraan kami nanti jumlah undangan kurang lebih 350 orang”, sebutnya.

Dia juga menyebutkan pelaksanaan kegiatan FABN ini sudah digagas sejak awal 2019, namun karena badai covid, baru bisa terlaksana pada 2022 lalu.

“Untuk tahun ini merupakan yang ketiga kalinya, FABN I dilaksanakan di Provinsi Bali dan yang kedua di Magelang, Provinsi Jawa Tengah”, ucapnya.

Rapat dihadiri oleh beberapa OPD terkait, diantaranya : Dinas Kebudayaan Sumbar, Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Biro Adpim, Biro Umum, Satpol PP dan OPD terkait lainnya. (Fadhli Junaidi).