Rangkaian workshop seni budaya berlanjut, workshop fotografi bertema abadikan momen,lestarikan budaya


25 Februari 2023 19:01:37 WIB

Bertempat di lantai 4 Gedung Kebudayaan Sumatera Barat. Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat  kembali melanjutkan rangkaian workshop seni budaya 2023  yang sebelumnya diawali dengan workshop teater. Workshop kedua dari 6 rangkaian kegiatan yang dilaksanakan adalah workshop fotografi pada 21 - 23 Februari 2023. Dengan melibatkan 40 peserta utusan Kabupaten/Kota dan melalui pendaftaran serta seleksi jalur komunitas.

Pelaksanaan kegiatan workshop seni budaya merupakan kegiatan rutin UPTD Taman Budaya Sumatera Barat sekaligus mendukung program unggulan yang dicanangkan oleh Gubernur Sumatera Barat dalam mewujudkan 100.000 Enterpreneur termasuk dalam bidang Kebudayaan, Kesenian dan Kreativitas. 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Kepala Taman Budaya Sumatera Barat beserta jajaran. Dengan pemateri yang berlatar belakang praktisin fotografi yakni Iggoy El Fitra (Jurnalis Fotografi), Zhuqincay (Freelancer), dan Juli Hendra (Akademisi).

Tema dari workshop fotografi tahun 2023 ini bertajuk “Abadikan momen, Lestarikan budaya" bertujuan untuk melaksanakan pembinaan terhadap pelaku seni budaya, khususnya 
fotografi dalam rangka pemajuan kebudayaan di Sumatera Barat; Meningkatkan kapasitas fotografer muda Sumatera Barat sehingga mampu melahirkan karya fotografi bermuatan nilai budaya dan 
memiliki jiwa entrepreneurship yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan; Melahirkan karya-karya foto berkualitas sebagai upaya pemajuan kebudayaan di Sumatera Barat dan menguatkan komunikasi ekosistem fotografi yang melibatkan para fotografer berpengalaman yang terwujud dalam bentuk jejaring komunikasi dan kerja kolaborasi yang memberi ruang untuk diskusi, eksperimentasi penciptaan, publikasi dan apresiasi karya.

Dalam kegitan workshop ini seluruh peserta workshop diwajibkan mengirimkan foto terbaik yang nantinya 25 foto terpilih sebagai tindak lanjut kegiatan akan dipamerkan pada Pekan Kebudayan Daerah (PKD) Tahun 2023 yang bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memberi penguatan pengembangan kemampuan menciptakan karya fotografi melalui inovasi untuk memperluas daya jangkau seni budaya dengan tetap berpijak pada idealisme berkesenian yang menjunjung etika dan estetika lokal. Serta melahirkan fotografer baru yang meminati fotografi budaya.