Wagub Sumbar: Adat dan Budaya Jadi Penggerak Pembangunan


29 Juni 2021 10:19:54 WIB

Padang, InfoPublik - Dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Audy Joinaldy, Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi pemangku adat dalam peningkatan peran Niniak Mamak di Sumbar berlangsung khidmat.

Pada kegiatan yang diselenggarakan di Balai Sidang Bung Hatta, Senin (28/6/2021) ini, Wakil Gubernur dalam sambutannya menyampaikan bahwa kepemimpinan adat budaya Minangkabau yang ada pada diri Niniak Mamak merupakan ciri khas Sumatra Barat, mulai memperlihatkan tren yang cenderung terdegradasi.

"Tugas Niniak Mamak ini berat. Dan pengaruh modernisasi turut mendegradasi peran Niniak Mamak dalam kehidupan sehari-hari. Nah, menyikapi tren seperti itu, tentu kita tidak bisa diam saja. Oleh karena itu peningkatan kapasitas pemangku adat ini mutlak harus dilakukan," kata Audy.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatra Barat, Gemala Ranti, yang menjadi leading sector kegiatan ini menyampaikan, bahwa penyelenggaraan bertujuan untuk meningkatkan tata kehidupan sosial kemasyarakatan di Sumatra Barat yang berfalsafahkan Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari pokok-pokok pikiran anggota DPRD Provinsi Sumbar  Komisi V, Daswippetra, Dt. Manjinjiang Alam, yang selalu concern dengan perkembangan adat budaya di Sumatra Barat. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Daswippetra," ujar Gemala Ranti.

Kegiatan yang diikuti oleh Niniak Mamak dari Kabupaten dan Kota Solok ini direncanakan akan berlangsung mulai hari ini, hingga Rabu (30/6/2021) mendatang. Niniak Mamak yang menjadi peserta bimbingan teknis ini juga mengapresiasi Wakil Gubernur dan langkah-langkah yang diambil oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Barat terkait pelestarian nilai-nilai adat budaya.

Salah satu peserta, Zul Asril Dt. Rajo Sampono yang merupakan Ketua KAN Nagari Batang Barus Kabupaten Solok, menilai bahwa kegiatan-kegiatan semacam ini adalah salah satu bukti bahwa Pemerintah Provinsi Sumatra Barat pro aktif dalam melestarikan nilai-nilai adat dan budaya, terutama terkait peran Niniak Mamak dalam kehidupan di Minangkabau.

"Alhamdulillah Pemerintah Provinsi Sumatra Barat masih menunjukan kepedulian terhadap pelestarian adat budaya. Kami berharap kegiatan ini bisa senantiasa dilaksanakan, agar generasi penerus tetap memahami fungsi, tugas dan tanggung jawab dari seorang Ninik Mamak," ujarnya penuh harap.

Sebagai penutup Wakil Gubernur juga berharap bahwa ke depannya nilai-nilai adat budaya yang terdapat di Sumatra Barat juga akan menjadi nilai-nilai yang menggerakan sektor-sektor lain dengan masif.

"Kita sudah melihat bagaimana Bali dan Yogya melalui adat dan budaya yang mereka miliki mampu menggerakan sektor-sektor lain dalam pembangunan. Ke depan, insyaallah Sumatra Barat akan segera menyusul," ucap Wakil Gubernur yang terkenal ramah ini. (Diskominfotiksumbar)