Warta Edisi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (WBTBI) Dari Provinsi Sumatera Barat, Tato Mentawai


12 Maret 2021 12:15:43 WIB

Tato Mentawai

Ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak benda Indonesia (WBTbI)

Dari Provinsi Sumatera Barat

Tahun 2014

No registrasi : 201400095

Domain : Pengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta

Maestro/Pengusul : Masyarakat Adat Mentawai

Kategori Karya Budaya : Kerajinan Tradisional

Lokasi Karya Budaya : Kepulauan Mentawai

Pengampu Budaya : Etnis Mentawai

Deskripsi :

Tato Mentawai atau dalam bahasa Mentawai disebut titi adalah seni rupa masyarakat adat Mentawai Kepulauan Mentawai. Dalam masyarakatnya Mentawai tato merupakan peninggalan masyarakat prasejarah dari kebudayaan Neolithik. Tato Mentawai termasuk seni tato tertua di dunia, bahkan lebih tua dari tato Mesir. Dalam adat suku Mentawai tato memiliki beberapa fungsi antara lain : Jati Diri, status sosial atau profesi, simbol keseimbangan alam dan keindahan serta simbol ekspresi seni dan perlambang status orang Mentawai. Dulu tato populer dikalangan baik lelaki maupun perempuan Mentawai yang telah dewasa.

Sayangnya kini hanya sebagian kecil saja suku Mentawai yang mempertahankan, bahkan ratusan motif tato yang pernah menghiasi penduduk asli Mentawai pun tidak sempat terdokumentasi. Penelitian Drs. Ady Rosa, M.Sn. tentang tato tradisional Mentawai selama bertahun-tahun telah menemukan 160 motif tato Mentawai, dan menyimpulkan bahwa budaya tato Mentawai merupakan budaya tato tertua di dunia. Sebagian mereka bisa ditemui di pedalaman Siberut.

Pembuatan tato Mentawai membutuhkan proses yang lama serta prosesi, upacara, pantangan (punen) yang harus dilewati orang yang ingin ditato. Tato dibuat oleh seorang Sipatiti (pembuat tato) dengan mengikuti ritual upacara yang dipimpin oleh Sikerei (Dukun budaya Mentawai).

Material yang digunakan untuk membuat tato mentawai berasal dari bahan alam mulai dari alam mulai dari alat jarum yang berasal dari tulang hewan, lidi untuk menggambar sketsa serta pewarna yang berasal dari arang tempurung dan daun pisang.

Sumber Data dan Foto :

1. https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/?newdetail&detailTetap=95

2.Buku Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Penetapan Tahun 2014 Cetakan II Tahun 2014

3.http://kebudayaanindonesia.net

4.Screen Shoot Video Chanel Theo Sumatera, tato tertua tradisional mentawai- tato tertua di dunia link https://www.youtube.com/watch?v=TeHBQ37bI70

5.Fatris MF

https://pesonaindonesia.kompas.com/read/2019/04/09/205921227/mengenal-tato-mentawai-seni-rajah-tertua-di-dunia

6.http://infopublik.id/kategori/nusantara/397063/tato-mentawai-dan-sikerei-sudah-ditetapkan-sebagai-warisan-budaya-nasional?show=

7.https://id.wikipedia.org/wiki/Ady_Rosa