Webinar Khazanah Manuskrip Minangkabau


08 Juni 2020 17:33:04 WIB

Sahabat/Dunsanak budaya

Ayo ikuti

Webinar Khazanah Warisan Budaya Sumatera Barat #1

Tema : Khazanah Manuskrip Minangkabau

Jumat, 12 Juni 2020

Pukul 14.00-15.30 Wib melalui Zoom Meeting

Pendaftaran melalui : https://s.id/Pendaftaranmanuskrip

(Id dan Pasword Diberikan Saat Pendaftaran)

Juga dapat disaksikan siaran langsung melalui Facebook Dinas Kebudayaan Sumbar dan kanal youtube : Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat

Dengan

Janang/Moderator : "Mak Kari" Yudi Viveri

Keynote Speaker :

Dr. Hilmar Farid (Direktur Jenderal Direktorat Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia)

Peresmian Kegiatan :

Irwan Prayitno ( Gubernur Provinsi Sumatera Barat)

Pengantar :

Dra.Hj.Gemala Ranti, M.Si (Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat)

Narasumber:

1. Dr. Suryadi, MA (Leiden University)

2. Dr. Mohd Affendi (International Islamic University Malaysia)

3. Dr. Firdaus, M.Ag (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)

4. Dr.Pramono, M.Si ( Filolog, Universitas Andalas)

"Peserta yang mengikuti kegiatan dari awal dan akhir akan diberikan sertifikat digital dari Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat"

Contac Person :

Aprimas : 0812 6646 9447

Vandrowis Atau Ivan : 08122244412

Pada 27 April 2017, Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan disahkan Pemerintah sebagai acuan legal-formal pertama untuk mengelola kekayaan budaya di Indonesia.

Dalam UU Pemajuan Kebudayaan No.5 Tahun 2017 ada 10 objek pemajuan kebudayaan, yaitu tradisi lisan; MANUSKRIP; adat istiadat; ritus; pengetahuan tradisonal; seni; bahasa; permainan rakyat; dan olahraga tradisional.

Adapun 11 asas yang dianut dalam memajukan kebudayaan, yaitu manfaat, partisipatif, lintas wilayah, kelokalan, toleransi, keberagaman, keberlanjutan, keterpaduan, kesederajatan, kebebasan berekspresi dan gotong royong.

Pemajuan kebudayaan dilakukan dengan beberapa upaya, yaitu pelindungan, pengembangan, pemanfaatan objek pemajuan kebudayaan, serta pembinaan terhadap sumber daya manusia kebudayaan.

Dengan kehadiran UU Pemajuan Kebudayaan, cita-cita pendiri bangsa agar Indonesia menjadi bangsa dengan masyarakat berkepribadian secara budaya, berdikari secara ekonomi, serta berdaulat secara politik, kini siap diwujudkan.

Oleh Sebab itu Dinas Kebudayaan mengangkat Webinar Khazanah Warisan Budaya Sumatera Barat#1 dengan tema "Khazanah Manuskrip Minangkabau" sebagai upaya dan langkah mensosialisaikan serta menggerakkan Pemajuan Kebudayaan di Sumatera Barat.

----

#bahagiadarirumah

#budayasaya #undangundangpemajuankebudayaan #kebudayaanindonesia #bersamamemajukankebudayaan #manuskrip #minangkabau #sumaterabarat