Pameran Seni Rupa Realitas


07 Oktober 2019 14:22:49 WIB

Dinas Kebudayaan, UPTD Taman Budaya Provinsi Sumatera Barat, lagi-lagi mengadakan Pameran Seni Rupa. Pameran tersebut dilaksanakan tanggal 4 s.d 10 Oktober 2019 di Galeri Seni Rupa Taman Budaya Sumatera Barat.  Disamping kegiatan Pameran tersebut, juga diadakan seni pertunjukan dari tanggal 4 sd 6 Oktober 2019, pada pukul 20.00 Wib sd selesai.

Dalam sambutannya,  Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Muasri mengatakan  "dalam beberapa bulan terakhir frekwensi Pameran di galeri Taman Budaya Sumatera Barat terus meningkat, dimulai dengan Pameran Tiga SMK Seni Budaya "Gelitik", Seni Rupa UNP dan FSRD ISI Padangpanjang "Perspektif", Pameran Visual Silek Art Festival, dan juga Pameran tunggal Herisman Tojes".

Sementara itu, diluar Taman Budaya juga diselenggarakan pameran komunitas Kampuang Sakato Art Community di Bukittinggi dan pameran Koleksi Sekolah dalam rangkaian HUT ke 54 SSRI/SMSR/SMKN 4 Padang pada bulan September kemaren. "Semua ini pertanda Seniman Seni Rupa di Sumatera Barat tetap eksis berkarya dan sungguh-sungguh menjelajahi kreativitas dan mencari idiom-idiom baru di ranah estetis", imbuhnya.

UPTD Taman Budaya Provinsi Sumatera Barat memberikan apresiasi yang tinggi kepada peserta pameran bersama ini. Pameran dengan tema “Realitas” ini dikuratori oleh saudara Muharyadi dan Yasril Sami B. Kepala Seksi Produk dan Kreasi Budaya  Wismi Lusita, S.Pd, MM, mengatakan “pertunjukan ini dilaksanakan selama tiga malam, dimulai dari tanggal 4 sd 6 Oktober 2019 dengan menampilkan  seni tradisi dari Kabupaten Sijunjuang berupa tari jalo, randai, tari ilau, salawat dulang, tari mandulang ameh dan tari dari pemenang FSL2N, baik tingkat Nasional maupun Provinsi Sumatera Barat”. 

Selain tari, juga ditampilkan musikalisasi puisi yang cukup dapat menghibur pengunjung, pecinta dan penikmat seni budaya yang berkunjung ke galeri Taman Budaya Sumatera Barat. Semua rangkaian kegiatan yang dilakukan  berjalan dengan baik dan lancar serta dengan dukungan cuaca yang cukup baik pada malam tersebut. Hal ini tidak terlepas pula dari kerjasama semua panitia yang terlibat. Apresiasipun diberikan oleh Mahasiswa, Siswa dan masyarakat yang hadir. Harapan penulis dan juga semua seniman, semua kegiatan yang sudah ada semoga berkelanjutan terus dari tahun ke tahun. Salam kreatifitas !!!

Diberitakan Oleh:
Yosi Nofa, S.Sn
Pamong Budaya Sumatera Barat