Undangan Mengirimkan Entry Ensiklopedia Silek Minangkabau Silek Arts Festival 2019


22 Juni 2019 16:56:02 WIB

Indonesiana adalah platform pendukung kegiatan seni budaya di Indonesia yang bertujuan untuk membantu tata kelola kegiatan seni budaya yang berkelanjutan, berjejaring, dan berkembang. Indonesiana diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Indonesiana dikerjakan dengan semangat gotong royong dan dengan melibatkan semua pihak yang memiliki kepedulian dan kepentingan atas pemajuan kebudayaan di Indonesia.
Silek Arts Festival mengusung kegiatan sebagai upaya penggalian, pelestarian, pengembangan, pemanfaatan dan pemajuan silek dalam berbagai bentuk medium dan kegiatan.
Kegiatan ini terselenggara dan merangkai sinergi untuk pemajuan kebudayaan yang terdiri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Kabupaten Kota serta Komunitas Budaya dan Seni Di Sumatera Barat

Dalam rangkaian PLATFORM INDONESIANA Oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan melaksanakan Tata Kelola, Sinergi dan Ekosistem Kebudayaan amanat Undang –Undang Pemajuan Kebudayaan No.05 Tahun 2017 memilih Sumatera Barat sebagai salah satu pelaksana untuk tahun ini hingga tiga tahun kedepan. Dengan ini SUMATERA BARAT bekerjasama dengan KEMENTERIAN PENDIDIKAN dan KEBUDAYAAN melalui DIREKTORAT JENDERAL KEBUDAYAAN, KABUPATEN /KOTA dan KOMUNITAS KEBUDAYAAN dan KESENIAN dengan ini mempersembahkan SILEK ARTS FESTIVAL 2019 “SAPAKAIK MAKO BALEGA" yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 - 31 Agustus 2019 dengan berbagai kegiatan .
Mari kita bangga dengan budaya sendiri, jati diri kita asli warisan nenek moyang.Mari kita bangun kembali ekosistem budaya kita, mari kita rajut dan perkuat sinergi budaya dan komunitas
Mari kita lestarikan, kembangkan, manfaatkan dan kita majukan kebudayaan kita.Mari saling bergotong royong dan bersinergi membangun kembali ekosistem jati diri kita.
Mewujudkan gotong royong, ekosistem, sinergi dan tata kelola festival Kebudayaan dalam bingkai Platform Indonesiana.

Salah satu bentuk upaya untuk mengenalkan, menjaga dan memelihara, serta mendokumentasikan silek Minangkabau adalah dengan menerbitkan sebuah ensiklopedia Silek Minangkabau. Penerbitan ini diharapkan dapat menjadi sumber pengetahuan tentang silek yang ditulis oleh para kontributor dengan melalui sejumlah tahapan untuk menjaga informasi dan penyajian yang mudah dibaca.
Dengan menghimpun informasi-informasi penting mengenai Silek Minangkabau dalam bentuk ensiklopedia, diharapkan pembaca dapat memahami dan mendapatkan informasi yang memadai tentang Silek Minangkabau. Selain itu, ensiklopedia ini dapat diperbaharui secara periodik agar informasi yang belum terangkum dalam edisi sebelumnya dapat ditambahkan dan disempurnakan pada edisi berikutnya. Demikian juga, ensiklopedia ini dapat menjadi sebuah dokumentasi yang melibatkan banyak pihak, dengan ikut serta menyumbangkan entri-entri penting yang saling melengkapi.
Kegiatan Penulisan dan Penerbitan Ensiklopedia Silek Minangkabau ini dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan Sumatera Barat bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Andalas. Penulisan dan penerbitan Ensiklopedia Silek Minangkabau ini merupakan salah satu kegiatan dari Silek Arts Festival 2019.
Kami mengundang masyarakat luas untuk menyumbangkan entri bagi Ensiklopedia Silek Minangkabau ini.

SILEK ARTS FESTIVAL MEMPERSEMBAHKAN

UDANGAN MENGIRIMKAN ENTRI SILEK MINANGKABAU yang akan diterbitkan menjadi ENSIKLOPEDI SILEK MINANGKABAU
Terbuka untuk Umum

Penerimaan Karya : 20 Juni - 7 Juli 2019
Penilaian Karya : 8 - 9 Juli 2019
Revisi Karya oleh Penulis : 10 - 26 Juli 2019
Pencetakan dan Penerbitan : 1 - 15 Agustus 2019

Informasi lebih lanjut terkait penyelenggaraan Silek Arts Festival 2019 dapat mengunjungi :
Instagram Silek Arts festival (SAF) 2019 : @Silekart2019 (https://www.instagram.com/silekarts2019/)
Facebook Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat : Dinas Kebudayaan Sumbar (https://www.facebook.com/minangkabau.mentawai), Halaman : Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat (https://www.facebook.com/Dinaskebudayaanprovinsisumaterabarat/?modal=admin_todo_tour)
Instagram Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat : @dinaskebudayaansumbar (https://www.instagram.com/dinaskebudayaansumbar/)
Twitter Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat : Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat (https://twitter.com/Disbudsumbar?lang=en-id)


admindisbudprovsumbar.